Halaman

Monday, January 23, 2006

TRAJA 066

Beberapa waktu yang lalu saya pernah mengulas tentang keberadaan BUSWAY ( BUS LAJUR KHUSUS ) sebelum & sesudah pengoperasiannya, kali saya akan coba review kembali keberadaan BUSWAY tapi dengan pengamatan secara langsung dari atas BUSWAY ( TRAJA 066 ). Berikut ulasannya,
Pagi ini ketika saya akan keluar rumah menuju kantor hujan turun sangat deras sekali mengguyur kompleks perumahan saya. Saya mulai bimbang antara meneruskan niat menuju kantor atau tidak, akhirnya saya putuskan untuk tetap melanjutkan niat menuju kantor, tetapi bimbang lain menerpa fikiran saya kembali mau tetap menggunakan tunggangan saya atau naik angkutan umum ( mengingat hujan sangat deras sekali ), kemudian saya mantapkan niat untuk berangkat ke kantor dengan menggunakan angkutan umum ( sebelumnya saya juga terpikir untuk mencoba naik BUSWAY ).
Jam 07.45 WIB saya tiba diterminal Kalideres, saya lanjutkan langkah menuju Halte Busway, setelah membeli tiket dan masuk ke dalam Halte ternyata antrian sudah panjang & padat sekali ( dengan ukuran Halte yang tidak terlalu luas dibanding jumlah penumpang yang membludak ). Aksi dorong mendorong pun tak terelakan lagi karena masing masing penumpang ingin lebih dulu masuk ke dalam BUSWAY untuk mendapatkan tempat duduk & juga ingin cepat sampai tujuan. 1, 2 BUSWAY berlalu saya belum bisa masuk & mendapatkan Bus, kemudian datang Bus ke-3 saya pun akhirnya bisa masuk kedalam Bus, saya duduk di depan samping Pak Sopir.
Bus Berkode TRAJA 066 ( kode HT yang artinya Trans Jakarta dengan No. Bodi 66 ), kode ini saya ketahui dari tulisan kecil yang tertera pada HT Pak Sopir. TRAJA 066 berkapasitas 30 duduk, 55 berdiri, berarti satu Bus berkapasitas total 85 orang penumpang bahkan bisa lebih. AC masih terasa dingin ( mungkin karena masih baru ) bahkan menusuk tulang ( soalnya diluar hujan masih lebat ). Harga tiket Rp 2.000,- untuk pemberangkatan sebelum pukul 07.00 WIB dan Rp 3.500,- untuk pemberangkatan pukul 07.00 WIB - 22.00 WIB, harga tiket merupakan harga terusan seluruh jurusan, saya naik dari Kalideres-Harmoni ( Koridor III ), kemudian naik kembali Busway koridor I dengan tujuan Blok M turun di Halte Karet. Kecepatan TRAJA 066 rata-rata hanya 40 km/ jam, bisa 60 km/ jam bila lajur sepi & bebas hambatan.
Tepat pukul 08.00 WIB Bus berwarna campuran Orange & Merah tersebut beranjak meninggalkan Terminal Kalideres melalui satu halte ke halte yang lain untuk menjemput & menurunkan penumpang. Sementara di jalur sebelah kiri kemacetan lalulintas tidak dapat dihindari, sementara Bus yang saya tumpangi seolah-olah dengan arogannya melenggang di jalur BUSWAY. Bunyi klakson mobil dan motor bersahut-sahutan meminta jalan, bahkan ada beberapa pengendara sepeda motor yang nekat menerobos dan melewati jalur BUSWAY ( mungkin karena tidak sabar & sudah benar-benar frustrasi dengan kemacetan yang dialami ), sayapun bila mengendarai sepeda motor setiap melewati jalur tersebut selalu dibuat kesal dengan kemacetan yang terjadi, tapi hari ini saya berperan sebagai penumpang TRAJA 066 yang mempunyai jalur khusus ( sedikit sombong nih. Red ).
Naik TRAJA 066 ternyata belum benar2 bebas hambatan seperti di jalan tol, masih banyak hambatan yang harus dilalui, selain pengendara sepeda motor masih yang nekat melewati jalur Busway, banyak putaran ( U turn ), bahkan kemacetan juga mejadi hambatan TRAJA 066, karena dibeberapa ruas jalan masih terjadi penyatuan lajur antara BUSWAY & NON BUSWAY. Ketika melewati satu putaran arah di daerah Grogol, TRAJA 066 terpaksa memperlambat lajunya untuk memberikan jalan kepada pengendara mobil lain yang akan berputar arah, tetapi karena macet, mobil tersebut tidak segera melewati putaran & berhenti persis dijalur berputar, kemudian pengemudi TRAJA 066 memberikan klakson panjang kepada mobil tersebut dengan harapan agar segera memberikan jalan kepada TRAJA 066. Akhirnya mobil tersebut dapat melalui putaran dan kembali berkecimpung dalam kemacetan lalulintas sambil mengumpat & mengacungkan JARI TENGAH kearah TRAJA 066 ( f**k y*u ). Dalam hati saya hanya bisa tertawa, " hahahahahaha...haha..haha ada-ada saja ulah para pengendara kendaraan bermotor yang melewat jalur Busway. " ( mungkin saya juga mentertawakan diri saya sendiri bila sedang mengendarai sepeda motor yang tidak jarang pula melanggar, sebal & keki dengan keberadaan jalur BUSWAY ).
Demikian sedikit ulasan kembali mengenai BUSWAY ( TRAJA 066 ).
( h4ns2301 )

No comments:

Post a Comment