Halaman

Thursday, January 19, 2006

TDL

Tahu semua kan apa kepanjangan dari singkatan di atas ??? yah TDL => TARIF DASAR LISTRIK, paling lambat pada triwulan pertama persisnya Bulan Maret 2006 ini yang tinggal 1 bulan lagi akan dinaikan oleh PT. PLN yang katanya terus merugi...yang diamini oleh pemerintah, kenaikannya bervariasi antara 1 - 83 %, dengan perincian pelanggan listrik berdaya 450 - 900 watt kenaikannya dibawah 7%, 900 watt ke atas kenaikannya mencapai 83 %.
Satu lagi wacana/ kebijakan pemerintah/ PLN yang akan menambah beban ekonomi masyarakat, baik kelas bawah yang memang benar2 susah maupun kelas atas yang berpura-pura susah. Beberapa bulan yang lalu harga BBM sudah dinaikan, yang sampai sekarang pun masih banyak masyarakat harus menyesuaikan pendapatan ekonominya dengan tingkat kenaikan BBM, dan satu bulan kedepan LISTRIK yang akan menyusul. Padahal BBM & LISTRIK adalah dua kebutuhan vital masyarakat, yang apabila salahsatunya dinaikan maka akan berdampak sangat luas bagi kebutuhan hidup masyarakat, yang mau tidak mau masyarakat harus menelan pil pahit kembali setelah kenaikan harga BBM. Pemerintah berujar, " bahwa kenaikan ini tidak akan memberatkan masyarakat ", sewaktu kenaikan harga BBM pun pemerintah berujar yang sama, walaupun angka-angka kenaikannya dihitung & diformulasikan dengan mengikuti tingkat inflasi yang terjadi tapi toh tetap saja sangat sangat memberatkan masyarakat terutama masyarakat bawah ( ekonomi lemah.red ).

Hhmmm....sungguh-sungguh sangat berat & susah hidup negara sendiri, kapan kita sebagai bangsa dapat menikmati kehidupan yang layak selayaknya manusia yang beradab ???? Bangsa ini kaya akan hasil alam dan buminya tapi masyarakatnya masih banyak yang miskin bahkan hidup dibawah garis kemiskinan. Pak/ Bu Pemerintah kalian sebenarnya tidak buta dan tuli, tolonglah sedikit saja berpihak kepada kepentingan masyarakat bawah, masyarakatmu juga....
Jangan suruh kami menelan pil pahit terus menerus seperti ini.....

( redaksi : h4ns19/01 )

2 comments:

  1. Sebenernya tujuan menaikkan TDL itu apa sih? Saya jadi penasaran nih [:p]

    ReplyDelete
  2. Saya sendiri ndak pernah ngerti, kenapa pemerintah kita toe selalu membuat kebijakan yang tidak populis dimata rakyat ??? apa karena ingin mengurangi beban subsidi, kemudian rakyat yang harus menanggung akibatnya ??? apa karena PLN terus merugi ??? ( merugi ? lha wong kita tahu beberapa waktu yg lalu gaji jajaran direksi PLN dinaikan berkali2 lipat'o. ) apa ndak ironi kalo gitu kenyataannya ???

    ReplyDelete