Halaman

Friday, January 13, 2006

BUSWAY part 1

Rencananya pada tanggal 15 Januari 2006 lusa Pemerintah DKI Jakarta akan mengoperasikan Busway ( Bus Lajur Khusus ) yang diberi nama TRANSBATAVIA untuk koridor 2 & 3 ( lihat KOMPAS ) tarif sekali jalan Rp 3.500,- ( mahal juga yah ??? ), saya yang selama ini pergi dan pulang kantor melalui Jalur Koridor 3 ( Rute : Tangerang - Jakarta - Tangerang ) melihat disana sini masih banyak kekurangan yang harus dibenahi, kekurangan yang paling mencolok dalam pengoperasian Busway adalah bertambahnya kemacetan arus lalulintas, terutama ruas Cengkareng, Jembatan Gantung Pertamina, Taman Kota/ Depan POLDA ( SIM ), Grogol. Hal ini ditambah dengan rencana Pemerintah Kota Tangerang yang akan membuat Jalur terusan Busway yang menghubungkan dengan Jalur Busway Koridor 3 ( Kalideres ), maka akan semakin bertambah ruas kemacetan yang akan terjadi antara Jalur Jakarta - Tangerang maupun sebaliknya.

Kemacetan terjadi teutama disebabkan oleh adanya penyempitan ruas jalan, yang semula 3 lajur menjadi 2 lajur, karena 1 ( satu ) lajur khusus diambil untuk lajur Busway. Perlu diakui pengoperasian Busway ini bertujuan untuk memberikan angkutan masal yang murah, aman dan nyaman bagi masyarakat khususnya warga DKI Jakarta dan sekitarnya, juga untuk mengurangi bertambahnya jumlah kendaraan pribadi yang melintas di jalan-jalan DKI Jakarta. Jumlah kendaraan pribadi memang semakin meningkat dari waktu ke waktu, baik kendaraan roda empat maupun roda dua.
Tapi bila dilihat dari sisi masyarakat kecil seperti saya apakah dengan keberadaan Busway akan mengurangi beban saya selama dalam perjalanan ???? saya yang selalu mengandalkan kuda besi ( sepeda motor ) untuk aktifitas sehari2 malah tambah terbebani oleh keberadaan Busway, karena jalur yang selama ini tidak terdapat kemacetan justru terjadi kemacetan & jalur yang selama ini telah terdapat kemacetan justru bertambah parah kemacetannya. Hal ini sudah saya buktikan sendiri, walaupun TRANSBATAVIA belum beroperasi kemacetan arus lalulintas sudah terjadi dimana-mana. Memang keberadaan Busway seperti dua sisi mata uang, satu sisi memberikan alternatif angkutan masal yang murah, aman & nyaman, dilain sisi justru manambah kemacetan lalulintas.
Hans ( Kotabumi - Menara Batavia )

No comments:

Post a Comment